10 Tips Mudah Menghemat Baterai Blackberry

Tips Mudah Menghemat Baterai Blackberry



1. Matikan Wifi bila tidak digunakan

Wifi tampaknya menjadi masalah terbesar baterai pada perangkat Blackberry Bold 9900/9930. Melalui hasil tes kami,bila jaringan Wifi yang terhubung menguras daya tahan baterai. Bahkan untuk perangkat Blackberry Bold 9900 itu bisa bertahan hingga satu hari penuh dan menyisakan sekitar 80 daya 80% bila Wifi dimatikan.

Singkatnya adalah gunakanlah Wifi sekedarnya saja, bila tak begitu diperlukan segera matikan. Tak hanya menghemat baterai saja, namun anda bisa mencegah baterai drop maupun rusak.

Untuk cara menonaktifkan Wifi:
Klik Pengaturan Jaringan.
Hapus tanda centang Wi-Fi.

2. Dim Backlight

Saat anda membeli perangkat baru, sebagian besar tingkat kecerahan backlight ditetapkan ke 70% kecerahan. Tingkat 70% dinyatakan baik secara penglihatan maupun daya tahan baterai itu sendiri. Namun tak jarang orang yang menaikkannya hingga ke tingkat 100%, ini jelas tidak baik untuk perangkat anda baik dari segi penglihatan maupun daya tahan baterai.
Nah untuk menghemat daya tahan baterai Blackberry anda, mungkin sebaiknya gunakan kecerahan pada tingkat 10%. Mungkin ini akan terlalu gelap buat anda, tapi percayalah saat anda bisa menyesuaikan diri anda menyadari seberapa besar perubahan daya baterai Blackberry.

Untuk mengubah kecerahan backlight Anda:

Pergi ke Pilihan> Tampilan> Screen Display
Gulir ke Kecerahan Backlight dan ubah ke 10


3. Mengubah Timeout Backlight Anda

Yang ketiga adalah mengurangi timeout backlight pada Blackberry anda. Untuk standard menghemat baterai Blackberry sendiri timeout backlight bisa diubah menjadi 20 detik saja.

Untuk mengubah Timeout Backlight:

Pergi ke Pilihan> Tampilan> Screen Display
Gulir ke Timeout Backlight dan ubah menjadi 20 Sec.

5. Ubah Pengaturan Jaringan dari 3G ke 2G

Ini juga merupakan salah satu yang menyebabkan baterai Blackberry anda boros. Untuk mengantisipasi borosnya baterai tersebut, ubahlah jaringan dari yang semula 3G menjadi 2G. Walau koneksi menjadi lambat, namun langkah ini juga menyelamatkan perangkat Blackberry anda dari pekerjaan yang terlalu keras.
Tergantung pada situasi anda, ini bila benar-benar ingin menambahkan masa tahan baterai anda.

Ubah Pengaturan Jaringan:

Klik Pengaturan Jaringan
Pilih Jaringan dan Koneksi> Jaringan Seluler
Pilih kotak dropdown di samping Network Mode dan pilih 2G
Atau, Anda benar-benar dapat menonaktifkan data pada perangkat Anda hanya dengan mengubah layanan data off dalam menu yang sama. Perlu diingat ini akan membunuh semua data ke perangkat Anda, sehingga aplikasi, email, BBM dan sejenisnya tidak akan diterima.


6. Gunakan Auto On / Off fitur atau Mode Tempat Tidur

Ini adalah fitur yang sederhana namun tidak dikenal dari BlackBerry Smartphone. Ditanamkan ke dalam OS adalah kemampuan untuk secara otomatis mengubah perangkat dan mematikan pada waktu yang diberikan. Hal ini sangat berguna untuk menghemat baterai serta mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat ketika anda sedang tidur, dalam pertemuan harian dll.


Untuk menggunakan Auto On / Off

Pilih Pilihan> Perangkat> Auto On / Off
Periksa Diaktifkan untuk Weekday, Weekend atau keduanya
Pilih waktu yang Anda ingin perangkat untuk menghidupkan dan waktu untuk mematikan (mis. 10:00-7:00)
Juga disamakan dengan Auto On / Off Bedside Mode. Fitur ini bagus diakses melalui Jam> Pilihan dan memungkinkan Anda secara otomatis mematikan perangkat LED dan Radio serta redup layar bila Bedside Mode aktif.

7. Kunci Perangkat Anda Menggunakan Sarung atau Sleeper Magnet BlackBerry

Sementara penguncian perangkat adalah sesuatu yang harus Anda lakukan tetap (keamanan yang lebih baik bila Anda menggunakan password) juga dapat membantu menghemat baterai. Anda juga dapat menggunakan salah satu dari banyak sarung BlackBerry yang berisi magnet tidur - secara otomatis menempatkan perangkat untuk tidur ketika Anda memasukkannya ke dalam sarung.

8. Keluar Aplikasi yang tidak digunakan

Cukup menutup aplikasi yang tidak terpakai dapat membantu daya tahan baterai. Dalam aplikasi tertentu yang terus-menerus menarik lokasi GPS Anda atau perfom tugas lain benar-benar menghambat hidup baterai Anda jika tidak digunakan. Untuk dengan mudah menutup aplikasi ini Anda dapat menggunakan built-in Web Switcher untuk melihat apa yang berjalan pada perangkat Anda, kemudian tutup apa pun yang tidak anda perlukan

Untuk menutup aplikasi yang tidak terpakai:

Tekan dan tahan tombol Menu untuk membuka aplikasi switcher
Sorot dan pilih aplikasi yang anda inginkan untuk menutup
Ketika di app, tekan tombol Menu kemudian keluar lagi (shutdown, logout) app

9. Mengubah Pengaturan Web Refresh

Aplikasi seperti Twitter, Facebook dan lain-lain yang berjalan pada perangkat anda dapat memakan baterai yang berharga dalam waktu singkat. Maka untuk menghemat daya baterai, ubahlah  pengaturan refreshnya mengubahnya 1 jam.  

10. Mengisi Perangkat Anda (dan membeli baterai cadangan!)

Jika anda memiliki rutinitas dan mobilitas yang tinggi, tidak ada salahnya membawa baterai cadangan. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan anda tak khawatir kehabisa baterai di tengah rutinitas padat.

Nah itulah tips mudah menghemat baterai Blackberry. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.
10 Tips Mudah Menghemat Baterai Blackberry 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share '10 Tips Mudah Menghemat Baterai Blackberry' On ...

Ditulis oleh: Rhio Herputranto - Wednesday, 26 June 2013

1 Komentar untuk "10 Tips Mudah Menghemat Baterai Blackberry"